Rabu, 25 Januari 2017

Rem cakram mendadak ngempos

Mantapnya pake motor kalo motor sudah menggunakan rem cakram pengereman jadi pakem banget, asik kalo buat ngrem jarak deket tapi pernahkah anda pemirsa pada saat menggunakan rem cakram mendadak ngempos atau ngeblong gitu aja seperti rem tidah ada tekanan nah kita cari tau yuk cara cek da memperbaikinya.
pertama kita cek dahulu penyakitnya seperti apa:
1. Tuas rem kita tekan dengan perlahan apakah tuas rem mentok sama grip?
2. Tuas rem kita tekan dengan cara mendadak apakah tuas rem mentok ke grip?
3. Mari kita lihat apakah ada rembesan minyak rem apa tidak pada master rem, slang serta kepala babi ( caliper)?
Nah setelah kita tahu penyebab atau permasalahannya maka kita akan dengan mudah memperbaikinya,
mari kita bahas satu persatu ya mas bro dan pemirsa.
pertama jika tuas rem kita tekan dengan perlahan tuas rem ngeblong saja sampai mentok pada hangrip maka kita coba menekan tuas rem dengan cepat apakah yang terjadi, jika yang terjadi adalah tuas rem ngeblong sampai mentok pada grip maka langkah pertama kita cek:
1. Apakah minyak rem ada jika tidak ada maka kita tambah minyak rem jika ada maka kita lanjutkan ke langkah berikutnya
2. Jika langkah pertama sudah dilakukan dan rem masih saja tidak berpungsi maka langkah selanjutnya kita hatrus cek apakah ada angin palsu pada perangkat rem kita terutama pada kepala babi ( caliper ) dengan cara kita tekan-tekan terus tuas rem setelah beberapa saat kita tahan tuas rem sampai mentok pada grip setelah itu kita buka nepel angin yang ada pada  kepala babi ( caliper ) dengan menggunakan kunci no 8 jika pada saat di buka keluar angin sudah dipastikan pada rem kita terdapat angin palsu jika itu terjadi maka ulangi langkah ini sampai tuas rem tidak ngeblong lagi, tapi jika pada saat kita buka nepelangin tidak ada sngin dsn mengeluatkan minyak rem tapi tidak ada tekanan atau tidak muncrat ibaratnya maka kita lanjut langkah berikutnya.
3 langkah selanjutnya adalah kita mendapatkan masalah setelah kita cek pada nepel angin tidak ada tekanan maka kita harus mengganti sil master rem dengan cara kita buka dahulu tuas rem dan kita keluarkan sil debu pada master rem dan kita bisa melihat didalam sil debu tersebut ada ring clip, untuk mengeluarkan sil master rem kita harus membuka atau melepas ring clip tersebut dengan tang snap ring, setelah kita berhasil membuka ring clip tersebut maka kita tinggal tarik sil master rem tersebut dan kita ganti dengan yang baru, cara pasangnya adala\h kebalikan dari cara membukanya.
Adapula rem yang tidak berpungsi dikarenakan adanya kebocoran-kebocoran pada komponen rem tersebut contoh bocor pada sil master rem, bocor pada selang dikarenakan sudah usang dan lapuk termakan usia atau bisa pula sobek karena gesekan dengan bodi motor contohnya dikarenakan biasanya pada motor yang dipasangi variasi-variasi sekitaran rem dan cara pemasangannya tidak rapih dan tidak diperhatikan tata letaknya.
Contoh selanjutnya adalah kebocoran pada sil cilinder atau sil kepala babi ( caliper ) dikarenakan cilinder yang sudah tidak rata karena karat atau tidak rata karena kotor.
Dari situ kita bisa tau manakah yang menjadi permasalahan kebocoran tersebut biasanya jika yang bocor pada bagian-bagian tersebut maka mau tidak mau kita harus mengganti part tersebut.
Nah sekian dulu ya membahas remnya lain kali jika om sudah dapat malah yang lain lagi akan om share disini semoga bermanfaat.
 terimakasih. 

1 comments:

jason mengatakan...

kalo ditekan perlahan rem blong seperti ga ada tekanan tapi kalo d tekan dengan cepat rem berjalan normal. itu knp y?

© Ombulux, AllRightsReserved.

Designed by ombulux

Selamat datang di blog om bulux, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!!