Rabu, 18 Mei 2016

Motor Keluar Asap Putih Pada Lobang Hawa

               Met pagi pemirsa sudah lama nian tak ngeblog, mumpung lagi punya waktu luang mari kita membahas tentang keluhan motor mengeluarkan asap putih dari lobang hawa ya
ok langsung saja.
              Belum lama ini kebetulan saya mendapatkan pelanggan yang mengeluhkan motor yang dia pakai motor matic selalu mengeluarkan asap putih pada selang hawa (lubang pentilasi udara pada mesin) pada saat mesin panas dan saking penasaran saya coba ternyata memang benar motor keluar asap putih walah pertamanya saya merasa bingung kok bisa ye keluar asap putih dari lobang hawa gini biasanya kan dari kenalpot yang berarti ring sehernya sudah kena/rusak.
             Tak panjang cerita saya bongkarlah tu motor, si yang punya cerita kalo kejadian begini setelah dibongkar dibengkel sebelah tadinya niatnya mau pasang seher standar lagi katanya.
             Setelah dibongkar sana dibongkar sini dan periksa sana periksa sini ternyata tak ada yang aneh dengan motor ini kebetulan seher/piston motor sudah menggunakan seher ukuran 59mm, lanjutlah motor dirakit ulang tak lupa kita cuci bersih dahulu. Setelah dirakit kembali saatnya dicoba dan setelah dicoba eh ternyata masih juga ngebul pemirsa aduh pusing pala bebeb ini mah hahaahha.
              Bukan OM BULUX kalo harus menyerah begitu saja pada motor hahahaahah sombong dikit sambil mijit-mijit kening yang pening, alhasil dicarilah solusi tanya kesana kemari dan tak ada jawaban yang menjadi solusi sampai mbah google pun tak punya solusi untuk masalah ini tambah pusing dehhhhh.
              Jam demi jam dilalui bersama renungan mencari apa penyebab yang bisa menimbulkan hal tersebut dan jengjeng masih bingung hahahahahha. setelah lama dipikirkan dan akhirnya saya menarik kesimpulan bahwa ini motor termasuk kedalama golongan sesat eh bukann sesat over heat heheheheheheh nah kita kita periksa sistem pendingin sepeda motor ini pemirsa eheheh ternyata motor ini tidak menggunakan kipas pemirsa, nah saya paksa yang empunya belli kipas supaya dingin gitu pas dipake.
             Singkat lagi ceritanya pemirsa hehehehe disingkat mulu nah setelah pasang kipas selesai maka saya suruh yang empunya keliling-keliling bawa tuh motor sampai ngebul lagi. Tek tok tek tok beberapa jam pun berlalu yang nyoba motor ga balik-balik wah mungkin mogok tuh motor pikir saya tak call ditanya sama yang lagi ngetes kenapa belum balik-balik kebengkel kan belum bayar hahahahahah dan jawabannya enteng sekali "tar om motornya belum ngebul!!!!" walah sudah dibawa keliling-keliling lama jauh pula belum ngebul juga eeeeeeeeeeehh berarti tuh motor sembuh dari penyakit yang membingungkan pemirsa.
             Dan ternyata hanya karena itu ya mas bro motor kita ngebul kalo sudah panas. Ya itulah kenapa motor mengeluarkan asap putih dari selang hawa karena disebabkan motor mengalami panas berlebih (over heat) dan bila kita mengalami seperti itu maka kita periksalah sistem pendingin dari motor kita sudah baik kah atau kurang, maka dari saat ini jangan abaikan sistem pendingin motor kita ya pemirsa,
 semoga bahasan kali ini bermanfaat untuk kita semua !!!!! 
TERIMAKASIH SALAM OM BULUXS
   

23 comments:

Unknown mengatakan...

kalo motor yamaha scorpio keluar asap warna putih pada selang pernapasan, itu kenapa ya om.. terima kasih

om bulux mengatakan...

Terima kasih sudah berkunjung kalo masalahnya terjadi pada motor pio coba mas cek kerapatan klep, ganti oli dengan yang lebih kental, cek pula ukuran main dan pilot jet jangan sampi terlalu irit. Bila cara tersebut tidak membuahkan hasil bisa jadi ring pistonnya sudah lemah harus diganti yang baru

Wahyu mengatakan...

Bang,motor ane byson,,klo panas kluar asap di lubang diatas dinamo starter,,kalo g salah lubang noken yaa...itu solusinya gmna?

Tasim mengatakan...

Mohon maaf respon nya lama, mungkin mas bisa cek oli coba ganti dengan yang lebih kental lagi jika masih cek pula stelan karburatornya apakah terlalu irit karna ngebul seperti itu terjadi karena mesin terlalu panas.
Terimakasih telah berkunjung

Unknown mengatakan...

motor saya mio baru ganti ring piston tapi malah keluar asap dari selang hawa sama keluar angin kencang banget angin nya mohon solusi nya mas bro

Unknown mengatakan...

Mas mau nanya motor satria saya ngeluarin Asep dari selang nafas oli kenceng banget kira" kenapa ya

Unknown mengatakan...

kalo motor ane cb100 mudah panas dan keluar asap gimana solusinya?

WARUNG MITRA PANDAWA mengatakan...

om motor saya kharisma `125 cc knp ngebul dari saluran pernafasan mesin....memang saya gunakan dgn berat..artinya over load krn untuk narik wahana anak anak...trus dah ngebul tenaga tidak ada....mksh om...tolong pencerahanya

Unknown mengatakan...

Yang aku om ada kebul putih dari bagian keteng saya pake motor mio minta saranya om

Unknown mengatakan...

Om mau nanya nih sama suhu suhu motor ane Vario 125 2015 keluar Asap putih dari box filter terus susah hidupnya apa sebabnya ya.

Unknown mengatakan...

Sama penyakit kaya motor aku bang wkwk,udah panik knpa ngeluarin asap dari tabung hawa dan kebetulan kipas nya gadipake dikarenakan baruu naik sese

Unknown mengatakan...

Bang ane mau tanya ni..motor ane gak ada tarikannya kalo di gas bukannya lari malah ngeden.di tambah lagi keluar asap putih dari filter udara.
Solusinya dong saya udah coba bongkar sana sini tapi masih gak ada perubahan.

Unknown mengatakan...

Sory bang aku tanya motor bvario 110 iinjek dihidupi langsung keluar asap putih dari lubang hawa mesin saya buka olinya banyak gram graman dan suara aga kasar

Unknown mengatakan...

ass om.. motor saya tiger, asap ngepul juga dari selang hawa nya. . minta tolong solusi nya ya om.. trims. .

Unknown mengatakan...

Motor supra keluar asap dari balas apanya ya?

Unknown mengatakan...

Motorku Jupiter z bang kalau hbis di pake laju panas keluar asap dari selang hawa mesin apa yg harus di lakukan bang?

Byson Tangerang mengatakan...

Motor saya byson juga sama Mas. Habis bore up. Masuk masa reyen. Baru 1 hari dihidupkan, muncul asap putih di lubang pernapasan (kondisi mesin dingin, tapi dikit dan bertambah banyak saat mesin sudah jalan) dan bunyi tek tek tek di area mesin (sepertinya di head). Dan saat jalan, knalpot keluar asap putih bersamaan dengan gas dibuka. Apa setelan klep kurang pas?

Unknown mengatakan...

Bang kenapa mio kluar asap dari tutup sentrik,trus gk mau hidul.padahal baru ganti seher,nokesln,as klep.seal klep.tapi gk mau hidup juga.top udah bener.setelean klep pas.bingung saya udah seharian di cek bgus2 aja

Unknown mengatakan...

Motor mio saya kalo udah di bawa 7km lebih keluar asap putih dari selang pernafasan, saya juga ga pakai kipas pendingin, apakah pengaruh ya?

Unknown mengatakan...

Klo motor beat pop cma pakai 1 km aja uda mogok lalu di bgian kipas nya mengluarkan asap bgitu ...ksi solusinya bang

putra mengatakan...

mas cbr k45 saya juga begitu keluar asap putih dari selang hawanya padaha udah diganti olinya sama busi yg iridium kira” gimana ya

Tasim mengatakan...

Coba pasang kipas pendingin mas karna kipas pendingin kalo tidak ada mesin akan panas berlebih nah itu yang menyebabkan keluar asap putih

Tasim mengatakan...

Kalo untuk motor cbr k45 coba cek air radiator bisa jadi air radiatornya kering lalu itu bisa jadi dari oli yang kualitasnya kurang bagus

© Ombulux, AllRightsReserved.

Designed by ombulux

Selamat datang di blog om bulux, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!!